Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menentukkan Determinan Matriks 4X4

Menentukan determinan matriks persegi 4x4 dapat dilakukan dengan menggunakan metode ekspansi kofaktor. Mengenai apa itu metode ekspansi kofaktor silahkan baca pada artikel Menentukan Determinan Matriks melalui atau bersama ini Ekspansi Kofaktor.

Menentukan determinan matriks 4x4 tidaklah susah, spesial untuk pada pengerjaanya mungkin memerlukan waktu yang lebih lama. Namun, biasanya pada soal-soal yang menuntut kita untuk menemukan determinan matriks 4x4 biasanya pasti ada celah sehingga kita dapat menyelesaikannya dengan cepat. Sekarang, tergantung kita apakah kita bisa melihat dan memanfaatkan celah/kemudahan yang diberikan.

Ada beberapa hal yang perlu kita ingat kembali mengenai menentukan determinan dengan menggunakan ekspansi kofaktor. Ekspansi kofaktor yang bisa gunakan adalah dengan menggunakan ekspansi kofaktor kolom ke-j ataupun ekspansi kofaktor baris ke-i. Selain itu, kita harus ingat pula menentukkan minor dan kofaktor dari suatu matriks.

Untuk lebih memahami dalam mencari determinan matriks 4x4, coba perhatikan contoh berikut.

Tentukan determinan matriks

Penyelesaian;
Langkah pertama, yang perlu diperhatikan dalam menyelesaikan soal ini adalah kita cari cara yang termudah dalam menyelesaikannya. Dalam hal ini, kita akan menggunakan ekspansi kofaktor baris pertama karena dua dari empat elemen baris pertama bernilai nol (0).
det (A) = a11C11 + a12C12 + a13C13 + a14C14

Karena a12 dan a14 bernilai nol (0), dengan demikian kita spesial untuk perlu mencari kofaktor C11 dan C13. Dalam mencari determinan submatriks (minor), kita dapat menggunakan metode sarrus ataupun metode ekspansi kofaktor. Pada kasus ini, metode yang digunakan adalah metode sarrus.




Jadi, determinan matriks A adalah
det (A) = a11C11 + a12C12 + a13C13 + a14C14
            = 2(11) + 0 + (-3)(47) + 0
            = 22 - 141
            = -119

melalui atau bersama ini cara yang hampir sama, kita dapat menentukan determinan matriks persegi dengan ordo yang lebih besar.

Update:
Jawaban sudah diperbaiki, terima kasih Surya Dharma Sinaga

Posting Komentar untuk "Menentukkan Determinan Matriks 4X4"