Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kok Beda, Kelipatan Nilai Tabel Konversi Kurikulum 2013?

Sebentar lagi tahun ajaran baru 2014/2015 akan segera dimulai, sekaligus menandakan kurikulum 2013 secara masif akan segera diselenggarakan di setiap jenjang. Namun masih ada beberapa masalah yang perlu kita cermati mengenai kurikulum 2013. Pada peluang ini aku akan berbagi mengnai permasalahan yang aku temukan secara tidak sengaja.

Berawal dari iseng-iseng mencoba-coba mencari tahu seluk-beluk kurikulum 2013 aku menemukan file yang aku peroleh dari hasil copy paste dari kawan yang kebetulan kemarin mengikuti pembinaan atau entah apa namanya di makasar mengenai kurikulum 2013. Lama aku tidak buka, dan beberapa waktu yang lalu aku sempat mengikuti workshop kurikulum 2013 di tempat aku mengajar. 

Singkat cerita, aku mulai tertarik dengan isi kurikulum 2013 dan akhirnya aku membuka semua file yang aku peroleh dari kawan aku. Dan yang mencuri perhatian aku adalah file yang bernama Juknis dan Model Rapor SMK . Dalam file tersebut mencakup model raport SMK yang menjadi perhatian aku adalah tabel konversinya (silahkan lihat penampakannya di bawah ini)
 secara masif akan segera diselenggarakan di setiap jenjang Kok Beda, Kelipatan Nilai Tabel konversi Kurikulum 2013?
Apanya yang guah dari tabel tersebut? Ok, aku akan jelaskan. Jika kita bandingkan dengan tabel konversi pada Permendikbud No 81A Tentang Implementasi Kurikulum 2013 maka semuanya akan jelas. Coba perhatikan tabel konversi yang aku ambil dari Permendikbud 81A.
 secara masif akan segera diselenggarakan di setiap jenjang Kok Beda, Kelipatan Nilai Tabel konversi Kurikulum 2013?
Bila diperhatikan, terdapat perbedaan pada kelipatan skala nilai 1-4, jika pada tabel yang pertama pada predikat C-, B-, dan A- nilai kompetensinya adalah 1,67, 2,67, dan 3,67 tidak sama dengan tabel konversi yang kedua yang aku ambil pada permendikbud 81A yaitu nilainya berturut-turut 1,66, 2,66, dan 3,66. Kenapa ini bisa beda ya? apakah ini sebuah kesalahan yang tidak disengaja atau ada sebab-sebab lain?

Pertanyaan selanjutnya, Mana yang benar? Terlepas dari hal tersebut, dalam melakukan atau memutuskan sesuatu hal kita harus mempunyai dasar dalam bertindak. Dalam kasus ini, dasar yang kita gunakan dalam memutuskan masalh tersebut adalah tentu saja berdasarkan permendikbud yang berlaku saat ini.

Bagaimana dengan pendapat anda?

Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "Kok Beda, Kelipatan Nilai Tabel Konversi Kurikulum 2013?"