Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unduh Kisi-Kisi Pre Tes Ukg 2019

Seperti yang sudah dijadwalkan sebelumnya, UKG (Uji Kompetensi Guru) untuk tahun 2018 akan di awali dengan Pre Tes. Jadi sebelum diselenggarakannya UKG tahun 2018 akan dieslenggarakan Pre Tes. Jadwal Pre Tes ini akan diumumkan pada dasbor akun SIM PKB guru masing-masing.

Sesuai dengan pengumuman yang dimuat pada dasbos SIM PKB
Kepada seluruh Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas se-Indonesia
Kami informasikan bahwa sesuai jadwal data peserta pre test PKB 2018 sudah diputuskan berdasarkan data cut off hingga 31 Juli 2018 pada pukul 23.59 WIB. Selanjutnya proses penjadwalan dan pelaksanaan pre tes dilakukan oleh Admin Propinsi dan Admin Kab/Kota selama bulan Agustus 2018. Bagi peserta pre test yang sudah dijadwalkan oleh Admin Propinsi dan Admin Kab/Kota akan diinfokan pada dasbor akun masing-masing.

Demikian informasinya untuk dapat dipahami bersama.

Admin Pusat SIMPKB

Meskipun ini adalah Pre Tes, pemerintah tetap mennyediakan informasi mengenai kisi-kisi Pre Tes ini. Melalui akun masing-masing guru pemerintah sudah menerbitkan kisi-kisi tersebut. Ada dua fokus utama kompetensi yang akan diuji dalam Pre Tes nanti yaitu kompetensi pedagogi guru dan kompetensi profesional seorang guru

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya UKG ialah landasan atau dasar pemetaan kompetensi guru (Kompetensi pedagogi dan profesional). Kompetensi pedagogi ialah ialah kemampuan seorang guru dalam mengelola proses pembelajaran yang berhubungan dengan peserta didik, meliputi pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum atau silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, memanfaatkan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Sedangkan kompetensi profesional adalah penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang meliputi beberapa aspek penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya

Tujuan diselenggarakannya UKG sendiri adalah

  1. Memperoleh informasi perihal gambaran kompetensi guru, khususnya kompetensi pedagogik dan profesional sesuai dengan standar yang sudah diputuskan.
  2. Mendapatkan peta kompetensi guru yang akan menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pendidikan dan petes yang harus diikuti oleh guru dalam program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB).
  3. Memperoleh hasil UKG yang ialah bagian dari penilaian kinerja guru dan akan menjadi bahan pertimbangan penyusunan kebijakan dalam mempersembahkan penghargaan dan apresiasi kepada guru.


Untuk kisi-kisi Pre tes UKG 2018 lengkap untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK sebenarnya dapat diunduh langsung melalui akun SIM PKB masing-masing guru atau anda dapat mendownload dari jaringan internet nya di sini

Posting Komentar untuk "Unduh Kisi-Kisi Pre Tes Ukg 2019"