Perubahan Paradigama Mata Pelajaran Matematika Dalam Kurikulum 2013
Pengembangan kurikulum menjadi amat penting sejalan dengan kontinuitas kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya serta perubahan masyarakat pada tataran lokal, nasional, regional, dan global di masa depan. Aneka kemajuan dan perubahan itu melahirkan tantangan internal dan eksternal di bidang pendidikan.
Implementasi kurikulum 2013 ialah jawaban dari pemerintah dalam menghadapi tantangan-tantangan masa kini dan masa depan dalam bidang pendidikan, yang tentu saja ada hal-hal yang perlu dirubah atau disesuaikan. Beberapa perubahan tersebut diantaranya adalah pendalaman, perluasan materi, serta penyesuaian beban belajar agar dapat menjamin kesesuaian antara apa yang diinginkan dengan apa yang dihasilkan.
Dalam kurikulum 2013, Matematika ialah salah satu mata pelajaran yang mengalami perubahan. Perubahan tersebut dapat kita temui pada penempatan materi serta beban materi yang harus ditempuh siswa di setiap jenjangnya. Selain perubahan-perubahan tersebut, terdapat pula perubahan pandangan atau paradigma mata pelajaran Matematika beberapa diantaranya sebagai berikut.
No | Kurikulum Lama | Kurikulum Baru |
1 | Langsung masuk ke materi abstrak | Mulai dari pengamatan permasalahan konkret, kemudian ke semi konkret, dan akhirnya abstraksi permasalahan |
2 | Banyak rumus yang harus dihafal untuk menyelesaikan permasalahan (spesial untuk bisa menggunakan) | Rumus diturunkan oleh siswa dan permasalahan yang diajukan harus dapat dikerjakan siswa spesial untuk dengan rumus-rumus dan pengertian dasar (tidak spesial untuk bisa mnggunakan tetapi juga memahami asal-usulnya) |
3 | Permasalahan matematika selalu diasosiasikan dengan [direduksi menjadi] angka | Perimbangan antara matematika dengan angka dan tanpa angka [gambar, grafik, pola, dsb] |
4 | Tidak membiasakan siswa untuk berfikir kritis [spesial untuk mekanistis] | Dirancang supaya siswa harus berfikir kritis untuk menyelesaikan permasalahan yang diajukan |
5 | Metode penyelesaian masalah yang tidak terstruktur | Membiasakan siswa berfikir algoritmis |
6 | Data dan statistik dikenalkan di kelas IX saja | Memperluas materi meliputi beberapa aspek peluang, pengolahan data, dan statistik sejak kelas VII serta materi lain sesuai dengan standar internasional |
7 | Matematika adalah eksak | Mengenalkan konsep pendekatan dan perkiraan |
Semoga bermanfaat :)
Posting Komentar untuk "Perubahan Paradigama Mata Pelajaran Matematika Dalam Kurikulum 2013"