Misal Rpp Kurikulum 2013 Matematika Smp
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP MADEMATHIKA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Perbandingan dan Skala
AlokasiWaktu : 2 x 40 menit
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan menciptakan) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.2. Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.4. Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua bemasukan atau lebih
Indikator:
1. Menyebutkan jenis-jenis perbandingan
2. Menjelaskan konsep perbandingan senilai, berbalik nilai dan skala
3. Menerapkan berbagai strategi efektif dalam menyelesaikan masalah Perbandingan dan Skala
4.4. Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel dan grafik
Indikator:
1. Membuat contoh masalah nyata yang bekaitan dengan Perbandingan dan Skala
2. Menyelesaikan persmasalahan nyata dengan konsep Perbandingan dan Skala
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan peserta didik dapat:
1. Menyebutkan jenis-jenis perbandingan
2. Menjelaskan konsep perbandingan senilai,
3. Menjelaskan konsep berbalik nilai
4. Menjelaskan konsep skala
5. Menerapkan berbagai strategi efektif dalam menyelesaikan masalah perbandingan
6. Menerapkan berbagai strategi efektif dalam menyelesaikan masalah skala
7. Mencari contoh masalah nyata yang bekaitan dengan Perbandingan dan Skala
8. Menyelesaikan persmasalahan nyata dengan konsep Perbandingan dan Skala
D. MateriPembelajaran
1. Konsep Perbandingan
2. Jenis-jenis Perbandingan
a. Perbandingan Senilai
b. Perbandingan Berbalik Nilai
3. Skala sebagai Perbandingan
a. Konsep Skala
b. Operasi Hitung Menggunakan Perbandingan dan Skala
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan Ilmiah (scientific)
Model : Pembelajaran yang berbasis masalah (problem-based learning)
Metode : Ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
a) Media : Laptop, LCD.
b) Alat/Bahan : -
c) SumberBelajar : Buku Matematika Kelas X, buku referensi dan artikel yang
sesuai.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama (2 x 45 menit)
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Waktu |
Pendahuluan |
| 15 menit |
Inti |
| 60 menit |
Penutup |
| 5 menit |
H. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Jenis/ Teknik Penilaian
No | Aspek yang dinilai | Teknik Penilaian |
1. | Sikap Spiritual Sikap Sosial | Observasi Observasi |
2. | Pengetahuan | Tes tertulis |
3. | Keterampilan | Tes praktik |
2. Bentuk Instrumen dan Instrumen
a. Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
Penilaian Sikap Spiritual
Aspek yang dinilai
1) Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2) Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3) Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
4) Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebemasukan Tuhan
5) Merasakan keberadaan dan kebemasukan Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
No | Nama Siswa | Aspek | Jumlah Skor | Nilai | ||||
a | b | c | d | e | ||||
1 | ||||||||
2 | ||||||||
3 | ||||||||
… |
Rubrik:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Penilaian Sikap Sosial
Aspek yang dinilai
1) Percaya diri
a) Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
b) Tidak mudah putus asa
c) Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
2) Tanggung Jawab
a) Melaksanakan tugas individu dengan baik
b) Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta
No | Nama Siswa | Aspek Yang Dinilai | Jumlah Skor | Nilai | ||||
1.a | 1.b | 1.c | 2.a | 2.b | ||||
1 | ||||||||
2 | ||||||||
3 | ||||||||
… |
Rubrik:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
b. Penilaian Pengetahuan
1) Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi | Instrument/soal | Kunci Jawaban | Skor |
1. Menyebutkan jenis-jenis perbandingan | 1. Sebutkan jenis-jenis perbandingan yang kalian ketahui! | a. Perbandingan Senilai b. Perbandingan Berbalik nilai c. Skala | 5 |
2. Menjelaskan konsep perbandingan senilai, berbalik nilai dan skala | 2. Buatlah sebuah contoh mengenai perbandingan senilai! | 5 | |
3. Menerapkan berbagai strategi efektif dalam menyelesaikan masalah Perbandingan dan Skala. | 3. Perbaikan jalan akan selesai dikerjakan dalam waktu 3 bulan (1bulan = 30 hari) hari, jika dikerjakan oleh 15 orang tenaga. Setiap hari minggu (1 bulan ada 5 hari minggu) buruh libur bekerja. Berapa orang buruh harus ditambah agar jalan tersebut tetap selesai tepat waktu? 4. Skala sebuah peta 1 : 1.500.000. Jarak kota A dan B pada peta itu 6 cm. Jarak sebenarnya kota A dan B = … km | 3. 3 orang 4. 90 km | 5 5 |
2) Rubrik Penilaian dan Penskoran
No. | Kategori | Skor(Si) |
1 | Tidak mempersembahkan jawaban sama sekali | 0 |
2 | Memberikan jawaban yang salah | 1 |
3 | Memberikan jawaban benar dan banyak cacat | 2 |
4 | Memberikan jawaban benar sedikit cacat | 3 |
5 | Memberikan jawaban hamper sempurna | 4 |
6 | Memberikan jawaban benar sempurna | 5 |
Skor tiap butir soal (Xi) = | (20*Si) |
c. Penilaian Keterampilan
Indikator:
1) Membuat contoh masalah nyata yang bekaitan dengan Perbandingan dan Skala
2) Menyelesaikan persmasalahan nyata dengan konsep Perbandingan dan Skala
Instrumen:
Aspek yang dinilai
1) Menunjukkan kesesuaian contoh dengan konsep perbandingan dan skala
2) Menerapkan konsep perbandingan dan skala
3) Menggunakan strategi yang sesuai dalam menyelesaikan soal
4) Mengemas penyajian secara runtut dan menarik dan unik.
No | Nama Peserta Didik | Aspek Yang Dinilai | Total Skor | Nilai | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | |||||
1 | ||||||||
2 | ||||||||
4 | ||||||||
5 | ||||||||
6 | ||||||||
.. |
Keterangan Nilai
Sangat baik = 4
Baik = 3
Cukup = 2
Kurang = 1
Mengetahui, Kepala SMP Mademathika (Mademathika) | ..........., ..... Juni 2014 Guru Mata Pelajaran (Mademathika) |
Posting Komentar untuk "Misal Rpp Kurikulum 2013 Matematika Smp"