Misal Indikator Sikap Ki-1 Dan Ki-2 Jenjang Smp/Mts Kurikulim 2013
Pelaksanaan penilaian kompetensi siswa dalam kurikulum 2013 meliputi 3 aspek yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kendala yang sering dihadapi sebelum melakukan penilaian adalah merumuskan indikator dari apa yang akan kita nilai. Dalam hal ini aku menyoroti perumusan indikator sikap yang aku rasa cukup sulit merumuskan indikatornya. Karena sikap atau perilaku seseorang itu sendiri ialah hal yang bersifat kualitatif. Dalam peluang kali ini aku ingin berbagi contoh indikator sikap untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) yang aku peroleh pada saat mengikuti workshop kurikulum 2013 beberapa waktu yang lalu.
Kurikulum 2013 membagi kompetensi sikap menjadi dua, yaitu sikap spiritual yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang beriman dan bertakwa, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Sikap spiritual sebagai perwujudan dari menguatnya interaksi vertikal dengan Tuhan Yang Maha Esa, sedangkan sikap sosial sebagai perwujudan eksistensi kesadaran dalam upaya mewujudkan harmoni kehidupan.
Kurikulum 2013 membagi kompetensi sikap menjadi dua, yaitu sikap spiritual yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang beriman dan bertakwa, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Sikap spiritual sebagai perwujudan dari menguatnya interaksi vertikal dengan Tuhan Yang Maha Esa, sedangkan sikap sosial sebagai perwujudan eksistensi kesadaran dalam upaya mewujudkan harmoni kehidupan.
Pada jenjang SMP/MTs, kompetensi sikap spiritual mengacu pada Kompetensi Inti 1 (KI-1): Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya, sedangkan kompetensi sikap sosial mengacu pada Kompetensi Inti 2 (KI-2): Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Berdasarkan rumusan KI-1 dan KI-2 di atas, penilaian sikap pada jenjang SMP/MTs meliputi beberapa aspek :
Penilaian sikap spiritual
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut
Penilaian sikap sosial
1. jujur
2. disiplin
2. disiplin
3. tanggung jawab
4. toleransi
5. gotong royong
6. santun
7. percaya diri
Guru dapat menambahkan sikap-sikap tersebut menjadi perluasan cakupan penilaian sikap. Perluasan cakupan penilaian sikap didasarkan pada karakterisitik kompetensi dasar pada KI-1 dan KI-2 setiap mata pelajaran.
Acuan suatu penilaian adalah indikator, karena indikator ialah tanda tercapainya suatu kompetensi. Indikator harus terukur. Dalam konteks penilaian sikap, indikator ialah tanda-tanda yang dimunculkan oleh peserta didik, yang dapat diamati atau diobservasi oleh guru sebagai representasi dari sikap yang dinilai.
Di bawah ini dideskripsikan beberapa contoh indikator dari sikap-sikap yang tersurat dalam KI-1 dan KI-2 jenjang SMP/MTs.
Sikap spiritual
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut
• Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
• Menjalankan ibadah tepat waktu.
• Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
• Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;
• Mensyukuri kemampuan manusia dalam mengendalikan diri
• Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
• Berserah diri (tawakal) kepada Tuhan sesudah berikhtiar atau melakukan usaha.
• Menjaga lingkungan hidup di sekitar rumah tempat tinggal, sekolah dan masyarakat
• Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
• Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa Indonesia.
• Menghormati orang lain menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.
Sikap sosial
1. menyampaikan apa adanyamenyampaikan apa adanya
menyampaikan apa adanyamenyampaikan apa adanya adalah perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
• Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
• Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa sebut sumber)
• Mengungkapkan perasaan apa adanya
• Menyerahkan kepada yang berwenang barang yang ditemukan
• Membuat laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya
• Mengakui kesalahan atau belum sempurnanya yang dimiliki
2. Disiplin
Disiplin adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. • Datang tepat waktu
• Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah
• Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan
• Mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar
3. Tanggungjawab
Tanggungjawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa
• Melaksanakan tugas individu dengan baik
• Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
• Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
• Mengembalikan barang yang dipinjam
• Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
• Menepati janji
• Tidak menyalahkan orang lain utk kesalahan tindakan kita sendiri
• Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta
4. Toleransi
Toleransi adalah sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan
• Tidak mengganggu kawan yang tidak sama pendapat
• Menerima kesepakatan meskipun tidak sama dengan pendapatnya
• Dapat menerima belum sempurnanya orang lain
• Dapat mememaafkan kesalahan orang lain
• Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan
• Tidak memaksakan pendapat atau keyakinan diri pada orang lain
• Kesediaan untuk belajar dari (terbuka terhadap) keyakinan dan gagasan orang lain agar dapat memahami orang lain lebih baik
• Terbuka terhadap atau kesediaan untuk menerima sesuatu yang baru
5. Gotong royong
Gotong royong adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas.
• Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
• Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
• Bersedia memmenolong orang lain tanpa mengharap imbalan
• Aktif dalam kerja kelompok
• Memusatkan perhatian pada tujuan kelompok
• Tidak mendahulukan kepentingan pribadi
• Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan orang lain
• Mendorong orang lain untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama
6. Santun atau sopan
Santun atau sopan adalah sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma kesantunan bersifat relatif, artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu tertentu bisa tidak sama pada tempat dan waktu yang lain.
• Menghormati orang yang lebih tua.
• Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan takabur.
• Tidak meludah di sembarang tempat.
• Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
• Mengucapkan terima kasih sesudah menerima menolongan orang lain
• Bersikap 3S (salam, senyum, sapa)
• Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain
• Memperlakukan orang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan
7. Percaya diri
Percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis seseorang yang memberi keyakinan kuat untuk berbuat atau bertindak
• Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
• Mampu menciptakan keputusan dengan cepat
• Tidak mudah putus asa
• Tidak canggung dalam bertindak
• Berani presentasi di depan kelas
• Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
Semoga bermanfaat :)
Semoga bermanfaat :)
Posting Komentar untuk "Misal Indikator Sikap Ki-1 Dan Ki-2 Jenjang Smp/Mts Kurikulim 2013"