Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Watermark Sederhana Di Coreldraw

Apa Watermark?
Watermark yakni sebuah goresan pena atau logo yang biasa ditemukan pada sebuah karya digital atau manual, Watermark ini menawarkan identitas dari seseorang yang membuat karya tersebut. Bentuk dari watermark ini majemuk ada yang berupa goresan pena singkat atau ada juga berupa logo yang berisi rincian lengkap dari identitas si pencipta karya.

biasanya watermark itu diletakkan pada pojokan supaya tidak menutupi obyek atau ada juga watermark yang sengaja dibentuk menutupi obyek tetapi dengan tingkat transparan yang tinggi supaya tidak sepenuhnya menutupi obyek yang ada di foto.

Apa tujuan watermark ? 
Seperti fungsi utamanya sebagai identitas, watermark juga berfungsi sebagai hak cipta untuk melindungi hasil karya supaya tidak dibajak oleh orang lain. Selain itu watermark juga berfungsi sebagai sarana promosi atau marketing untuk memperkenalkan sebuah perjuangan atau karya.

Seperti yang ditanyakan sobat kita di KPCI beberapa waktu kemudian perihal cara membuat watermark dengan CorelDRAW, teladan gambar menyerupai dibawah ini:



Suatu misal kita sudah membuat desain sebelumnya yang akan diberi watermark, caranya sebagai berikut:

1. Ketik goresan pena dengan Text tool di Toolbox, yang terperinci kita ketik dengan menyesuaikan merek perjuangan yang kita tekuni.


2. Ubah dengan warna putih di Color Palete,


3. Tekan Ctrl+D untuk menjiplak objek teks dan geser ke samping kanan, dan dengan perintah Blend tool kita gandakan objek goresan pena tersebut, dan tekan Ctrl+K atau Break apart untuk mengubah menjadi objek kurva.


4. blending juga kebawah menyerupai langkah nomor 2 dan 3.


5. Atur angle dengan kemiringan 15 derajat.


6. Pilih Transparency tool di Toolbox, dan atur Transparency operation menjadi Overlay.


7. Atur juga Opacity dengan menggeser slider atau dapat dengan mengetikkan angka 50, dengan tujuan untuk mengatur tingkat transparansinya.


8. Hasil selesai menyerupai gambar dibawah ini, selesai


Demikian supaya bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Membuat Watermark Sederhana Di Coreldraw"