Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal Dan Pembahasan Usbn Matematika Smp 2019 K13

Latihan Soal dan Jawaban USBN matematika Sekolah Menengah Pertama 2019 K13. Hai Sobat Soal Prediksi, di kesempatan kali ini admin akan membagikan latihan soal matematika yang sanggup teman gunakan untuk materi pembelajaran menghadapi USBN SMP/MTS 2019. 

Pembahasan dari contoh soal sudah admin sediakan, akan tetapi khusus untuk jenis soal uraian. Di format soal pilihan ganda (pg) admin tidak menyertakannya, alasannya yakni terbatas daerah jiika diletakkan di satu artikel dan juga waktu mepet alasannya yakni diperkirakan USBN 2019 nanti akan diajukan menimbang dari pola pengadaan pilpres 2019 nanti.

Jangan khawatir mengenai bakal sama atau tidaknya model soal latihan USBN Matematika Sekolah Menengah Pertama 2019 ini dengan yang teman kerjakan kelak. Pasalnya, 35 soal ini sudah diubahsuaikan dan terintegrasi dengan kisi - kisi USBN Matematika SMP/MTs 2019, yang mana hal itu dijadikan pola pengembangan soal yang dibentuk oleh masing - masing dinas pendidikan di kabupaten/kota wilayah teman tersebut.

Kurikulum 2013 yakni poinnya. Sebaiknya teman melihat dan bertanya dulu, apakah kurikulum yang dipakai sudah k13 atau belum. Jika belum, sebaiknya teman mencari soal terkait yang sama dengan kurikulum yang teman gunakan tersebut. Karena beda kurikulum, beda juga materi yang akan teman kerjakan.

Latihan Soal dan Jawaban USBN matematika Sekolah Menengah Pertama  Latihan Soal dan Pembahasan USBN Matematika Sekolah Menengah Pertama 2019 K13


Dan satu hal lagi, para guru yang kebetulan mampir di artikel ini pun juga sanggup menggunakannya untuk materi ujian latihan try out USBN matematika 2019 anak didiknya, baik di jenjang Sekolah Menengah Pertama atau MTs. Admin sudah menyediakan dokumen pdf-nya di bawah artikel.


Latihan Soal dan Pembahasan USBN Matematika Sekolah Menengah Pertama 2019 K13

Yapp, kembali lagi dengan adik - adik. Kemungkinan masih banyak yang belum tahu bahwa akan ada pemanis model soal di Ujian Nasional 2019 yang akan mempertimbangkan adanya pemanis soal HOTS, dengan peningkatan kinerja budi budi pada tingkatan level yang berbeda.

Sobat sebaiknya menambah bentuk latihan soal yang sanggup menambah pengetahuan dari model soal matematika lainnya. Karena di pelajaran matematika, 1 rumus sanggup dijadikan banyak sekali soal mulai dari tingkatan soal rendah hingga tingkatan tertinggi, tergantung guru yang membuatnya. Jika guru yang menciptakan soal baik, sanggup damai guys. Jika sulit!!

Jadi, persiapkanlah dari sekarang, dan juga mulailah menghafal rumus - rumus penting yang sanggup teman mulai dari sekarang. Ingat!! Mempelajari latihan soal yang banyak juga sanggup menambah ingatan teman dalam hal menghafalkan rumus.

Soal Pilihan Ganda

1. Hasil dari (–17 × (–20)) – (90 : 15) yakni ....
A. 346
B. 334
C. –334
D. –346

Jawaban : B

2. 
Jawaban : C

3. 

Jawaban : A

4. Bu Ani mempunyai 2 1/2  kg gula pasir, kemudian membeli 5 3/4  kg gula pasir. Gula pasir tersebut dibagikan kepada sejumlah orang sama banyak dan setiap orang menerima 3/4 kg. Banyak orang yang mendapatkan gula pasir yakni ….
A. 8 orang
B. 9 orang
C. 10 orang
D. 11 orang
Jawaban : D

5. Seorang penerima ujian masuk sekolah tinggi tinggi menjawab 36 soal dengan benar dan 6 soal tidak dijawab dari 50 soal yang disediakan. Jika setiap balasan benar diberi skor 4, balasan yang salah diberi skor –2, dan tidak dijawab diberi skor –1, maka skor yang diperoleh penerima tersebut yakni ….
A. 144
B. 128
C. 122
D. 114
Jawaban : C

6. Diketahui barisan aritmatika dengan suku ke-3 = 14 dan suku ke-8 = 39. Suku ke-13 dari barisan tersebut yakni ….
A. 57
B. 60 
C. 64
D. 70
Jawaban : C

7. Rumus suku ke-n dari barisan bilangan 2, 5, 8, 11 , ... yakni ....
A. 2n – 1
B. 3n – 1
C. 2n + 1
D. 2(n+1)
Jawaban : B

8. Sebuah bambu dibagi menjadi 4 bab dan panjang bab membentuk suatu deret geometri. Jika panjang belahan bambu terpendek yakni 5 cm dan belahan bambu terpanjang yakni 40 cm, maka panjang bambu mula-mula yakni ….
A. 75 cm
B. 90 cm
C. 115 cm
D. 130 cm
Jawaban : A

9. 
Jawaban : B

10. Salah satu faktor dari 6x2 + x -12 yakni ….
A. (2x - 3)
B. (2x + 3)
C. (2x - 4 )
D. (2x + 4 )
Jawaban : B

11. Diketahui 4(x - 3) + 5 = 2(3x - 7) - 11. Jika p yakni penyelesaian dari persamaan tersebut, maka nilai dari 2p + 5 yakni ….
A. - 28
B. - 23
C. 23
D. 28
Jawaban : C

12. Perhatikan gambar berikut! 

Persamaan garis c yakni ....
A. y – 2x + 1 = 0
B. y – 2x – 1 = 0
C. y + 2x – 1 = 0
D. y + 2x + 1 = 0
Jawaban : A

13. Diketahui A yakni himpunan bilangan prima kurang dari 13. Banyak himpunan bab dari A yang mempunyai dua anggota yakni ….
A. 32
B. 15
C. 12
D. 10
Jawaban : D

14. Suatu kelas terdapat 32 siswa, sehabis didata ada 4 siswa tidak gemar Matematika dan matematika, 8 siswa gemar Matematika dan matematika. Jika banyak siswa gemar matematika dua kali lmatematikat banyak siswa yang gemar Matematika, maka banyak siswa yang hanya gemar Matematika yakni …. 
A. 4 siswa
B. 8 siswa
C. 16 siswa
D. 24 siswa
Jawaban : A

15. Perhatikan gambar diagram panah di bawah ini! 


Relasi dari A ke B yakni ....
A. lebih dari
B. faktor dari
C. kurang dari
D. satu kurangnya dari
Jawaban : D

16. Diketahui f(x) fungsi linear. Jika ,nilai ƒ(3) yakni ....
A. 19
B. 14
C. 13
D. –1
Jawaban : D

17. Persamaan garis melalui titik (4,3) dan (1,-1) yakni ….
A. 3y - 4x +7 =0
B. 3y - 4x - 7 =0
C. 4x + 3y+ 5 = 0
D. 4x - 3y - 5 = 0
Jawaban : A

18. Bayangan dari koordinat titik P(-2,3) kalau dicerminkan terhadap garis x = 2 yakni ….
A. (4,3)
B. (5,3)
C. (6,3)
D. (8,3)
Jawaban : C

19. Perhatikan gambar! 


Panjang DE yakni ….
A. 15 cm
B. 18 cm
C. 24 cm
D. 30 cm
Jawaban : A

20. Perhatikan gambar ABC dan ABD berikut! 


Diketahui pasangan sisi:
(i) BC dan AD
(ii) AC dan BD
(iii) AB dan BD
(iv) AC dan AD
Pasangan sisi yang bersesuaian yakni ....
A. (i) dan (ii)
B. (ii) dan (iii)
C. (ii) dan (iv)
D. (iii) dan (iv)
Jawaban : D

21. Perhatikan gambar! 

Segitiga ACE dan Segitiga ABD kongruen
karena memenuhi syarat ….
A. Sudut, sisi, sudut
B. Sudut, sudut, sudut
C. Sisi, sudut, sisi
D. Sisi, sisi, sisi
Jawaban : A

22. Diketahui luas persegi panjang 150 cm2. Jika lebarnya 10 cm, maka keliling persegi panjang tersebut yakni ....
A. 25 cm
B. 50 cm
C. 60 cm
D. 90 cm
Jawaban : B

23. Perhatikan gambar berikut!


Keliling bangkit yang diarsir pada gambar di samping yakni ....
A. 80 cm
B. 82 cm
C. 88 cm
D. 92 cm
Jawaban : D

24. Taman sebuah kota terlihat ibarat gambar diarsir. 

Jika disekeliling taman akan ditanami bunga mawar dengan biaya Rp50.000,00 per meter maka biaya yang dibutuhkan seluruhnya yakni ….
A. Rp6.280.000,00
B. Rp3.140.000,00
C. Rp2.460.000,00 
D. Rp1.570.000,00
Jawaban : B

25. Limas tegak dengan ganjal berbentuk persegi. Jika keliling ganjal 56 cm dan tinggi limas
24 cm, luas seluruh permukaan limas tersebut yakni ....
A. 336 cm2
B. 896 cm2
C. 986 cm2
D. 1.344 cm2
Jawaban : B

26. Sebuah drum berbentuk tabung dengan diameter ganjal 100 cm dan tinggi 100 dm. Bila bab dari drum berisi minyak, banyak minyak di dalam drum tersebut yakni ….liter
A. 7850,0
B. 5887,5
C. 3140,0
D. 2355,5
Jawaban : B

27. Median dan modus dari 70, 100, 60, 50, 70, 90, 80, 70, 100, 110, 80, 40 berturut-turut dalah …
A. 65 dan 70
B. 70 dan 70
C. 75 dan 70 
D. 80 dan 80
Jawaban : C

28. Diketahui suatu data:
65, 48, x, 50, 58, 48, 65, 62
Diketahui rata-rata data tersebut 57. Nilai x yakni ….
A. 58
B. 59
C. 60
D. 61
Jawaban : C

29. Dalam sebuah kantong terdapat 8 bola merah, 7 bola putih dan 5 bola hitam. Sebuah bola diambil dari dalam kantong, peluang bola terambil bukan berwarna merah dan putih yakni ….
A. 1/8
B. 1/4
C. 1/2
D. 7/8
Jawaban : B

30. Sebuah kotak berisi 12 bola bernomor 1 hingga 12. Jika diambil dua bola secara acak, peluang terambil 2 bola bernomor ganjil yakni ....
A. 21/72
B. 12/72
C. 61/66
D. 15/66
Jawaban : D

Soal Uraian

31. Seorang pedagang sepatu membeli sepatu gres dengan harga Rp 80.000,00. Pedagang tersebut akan menjualnya kembali dengan berharap laba sebesar 25% . Jika dalam penjualannya didiskon 20%, berapakah harga jual sepatu tersebut ?
Pembahasan : 
Untung = (25/100) x Rp 80.000,00
            = Rp 20.000,00
Hj = Rp 80.000,00 + Rp 20.000,00
    = Rp 100.000,00
H = Hj – Diskon
Rp 100.000,00 = Hj – 20% Hj
Rp 100.000,00 = 80% Hj
Jadi : Hj = Rp 100.000,00 : 80%
              = Rp 125.000,00


32. Sebuah peluru di tembakkan keatas , sehabis t detik di tentukan dengan rumus h(t) = 30t – 5t2 Berapakah tinggi maksimum peluru tersebut ?
Pembahasan : 
33. Perhatikan gambar berikut! Sebuah foto yang ditempel pada selembar karton. Jika ukuran foto 50 cm 30 cm dan lebar sisa karton bab kiri, kanan dan atas yakni 3 cm, hitunglah lebar karton di bab bawah yakni ....
Pembahasan : 

34. Perhatikan bangkit campuran kerucut dan tabung berikut. iketahui jari-jari tabung 7 cm dan tingginya 10 cm. Hitunglah volum bangkit campuran tersebut ( p =
adalah ……
Pembahasan : 


35. Perhatikan diagram batang dari data nilai tes siswa kelas IX-A!
A. Berdasarkan data diagram, hitunglah nilai rata-rata kelas tersebut! Tuliskan langkah penyelesaiannya! (Jumlah nilai, jumlah siswa, dan nilai rata rata)
B. Berapakah banyak siswa yang memperoleh nilai:
- lebih dari nilai rata-rata?
- kurang dari nilai rata-rata?
Tuliskan langkah penyelesaiannya!
Pembahasan

Soal dan Pembahasan USBN Matematika Sekolah Menengah Pertama 2019 K13 Pdf, DOWNLOAD

Sudah hafal rumusnya dengan mempelajari Latihan Soal dan Pembahasan USBN Matematika Sekolah Menengah Pertama 2019 K13!! :D Jika belum, lakukan training yang lebih banyak lagi biar teman sanggup menghafal keseluruhan rumus yang sekiranya akan diujikan di USBN SMP/MTs 2019 nanti.

Jika bermanfaat, teman sanggup membagikannya dengan mengklik tombol di bawah ane berikut ini...

Posting Komentar untuk "Latihan Soal Dan Pembahasan Usbn Matematika Smp 2019 K13"