Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyegaran Pelatih Kurikulum 2013

Ringkasan Materi Pembukaan Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013 dari Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (Dr. Supriano, M.Ed.)
  1. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah melaksanakan pembinaan pada tahun 2017, selamat tiba yang gres bergabung, seluruh Sekolah Menengah Pertama harus melaksankan implementasi 
  2. Kurukulum 2013, termasuk sekitar 14.000 sekolah yang akan diberi pembinaan dan pendampingan tahun 2018 ini.
  3. Koordinasi, sabar, dan tulus menjadi kata kunci suksesnya implementasi Kurikulum 2013.
  4. Penyegaran pelatih sangat penting untuk dilakukan. Memang tidak banyak perubahan, perubahan yang paling signifikan yaitu bagaimana MENGINTEGRASIKAN KARAKTER DI SEMUA MATA PELAJARAN. 
  5. Para guru harus merubah proses pembelajaran sesuai tuntutan Kurikulum 2013.
  6. Upaya penguatan huruf melalui full day school tidak perlu dipermasalahkan, semua sekolah berhak memilih sendiri apakah akan melaksanakan pembelajaran 5 atau 6 hari.
  7. Kedepan belum dewasa kita akan berat menghadapi ketidakpastian perubahan, itulah sebabnya mereka harus mempunyai karaker yang baik.
  8. Di Kurikulum 2013 guru harus menjadi mentor, fasilitator dan katalisator.
  9. Sekolah yang melaksanakan UNBK yaitu sekolah jaman now, melalui UNBK siswa menerima pelajaran huruf integritas dan kejujuran.
  10. Sedang dirumuskan peraturan gres yang mengatur beban mengajar guru yang akan lebih meringankan bagi guru.
Catatan perubahan penting
  • Penyesuaian K 13 tahun 2018 menurut Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 wacana Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) menuntut guru untuk melaksanakan penguatan huruf siswa yang menginternalisasikan nilai-nilai utama PPK yaitu :
          a. religius, 
          b. nasionalis, 
          c. mandiri, 
          d. gotong-royangdan
          e. integritas
  • Selain itu, untuk membangun generasi emas Indonesia, maka perlu dipersiapkan akseptor didik yang mempunyai keterampilan Abad 21 menyerupai khususnya keterampilan:
  1. berpikir kritis dan memecahkan dilema (Critical Thinking and Problem Solving Skills), 
  2. keterampilan untuk bekerjasama  (Collaboration), 
  3. kemampuan untuk mencipta atau daya cipta (Creativity), 
  4. kemampuan untuk berkomunikasi (Communication).
  • Realisasi pembelajaran KD yang gemuk, kita ikuti suara KD 
  • Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan, pengetahuan FS, ST, UK  Keterampilan 4 aspek (menangka makna)
  • Penilaian formatif yaitu peilaian yg tidak formal, tekniknya bisa tanya ke semua untuk membantu siswa memahami materi. Sumatif evaluasi harian dan sdah masuk ke daftar nilai.
  • Perumusan IPK, utk pengetahuan (FS, ST, UK), keterampilan (menangkap makna ekspresi dan tulis, menyusun teks tulis, menyusun teks lisan). Tapi di tujuan harus lebih rinci.
  • IPK bukan berarti indikator soal tapi boleh.
  • KD 471 menankap makna teks ekspresi dan tulis, menyusun teks ekspresi dan tulis
  • Fokus PK di gabung antara KI 1 2 dan 5 nilai karakter
  • Materi Remedial : prediksi materi yang akan sulit dihadapi siswa, remedial dibutuhkan tidak ada walaupun sudah dirancang
  • Learner centered learning
  • Metode tidak mempunyai syntax
  • 5 M metode lmiah
  • Metode ilmiah : 1. Menemukan dilema (sesuatu yang belum tahu pemecahannya) dengan cara mengamati dengan indra (reading/listening) baca atau dengan text berikut kemudian tuliskan apa yang kau tidak ketahui, 2. Menanya makna/ucapan kata, fungsi teks, FS, ST, UK. 3. Mengumpulkan informasi, coba-coba atau analisis.
  • Observing and questioning bisa dijadikan satu tahap kegiatan, 
  • Literasi : mentransfer satu teks ke moda lain

REFLEKSI REVIU RPP

1. KI (Permen 24/2016)

2. Rumusan IPK 
  • Mengidentifikasi fungsi sosial bisa menyebutkan, menjelaskan, 
  • Mengidentifikasi struktur teks bisa menguraikan.
  • Mengidentifikasi Unsur kebahasaan menggunakan, menerapkan
  • Kosa kata : memaknai, mengucapkan kata yang dipakai dalam mendeskripsikan benda-benda
  • KD 4, menyusun teks. Indikator seseorang bisa menyusun 
3. Tujuan
  • Ketika IPK sudah rinci, tujuan boleh sama, kalau belum rinci bisa diurai lebih banyak
  • Degree boleh kata yang mengambarkan perilaku atau lainnya (karakter)
  • Degree boleh digabung di tiap poin tujuan kalau secara alami sesuai
  • Dibuat per pertemuan atau digabung
4. Literasi, HOTS, 4C kalau bisa boleh dimunculkan

5. Gabungan saintific dan GBA, kombinasinya syntax GBA aktifitasnya saintifik

6. GBA
  • BKOF build cultur contex, share experience, discuss vocab, grammatical patterns
  • MOT students listen statements of short functional text, discuss of purpose, function
  • JCOT  try to develop text with their peers and teacher help 
  • ICT (indipendent construction of text) expected to be able to speak spontaneously to carry our monologues that are aimed at giving directions
7. Penilaian
  • Setiap pertemun ada evaluasi assessment for learning formative u mengecek pengetahuan anak
  • Sumatifnya di pertemuan terakhir.
8. Literasi
  • Ketika mengajar dengan baik, kita sudah integrasikan literasi
9. 4 C. 
Communication ga masalah, Kolaborasi kalo pair atau group ga masalah, creativity membuat teks, critical thinking and problem solving == question beyond the text, atau “do you think that the writer ((hanya bisa dilakukan/dijawab kalau mereka kritis))

10. HOTS analyzing, evaluating, creating

Sumber http://prakarya-indramayu.blogspot.com

Posting Komentar untuk "Penyegaran Pelatih Kurikulum 2013"