Penyegaran Pelatih Kurikulum 2013
- Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah melaksanakan pembinaan pada tahun 2017, selamat tiba yang gres bergabung, seluruh Sekolah Menengah Pertama harus melaksankan implementasi
- Kurukulum 2013, termasuk sekitar 14.000 sekolah yang akan diberi pembinaan dan pendampingan tahun 2018 ini.
- Koordinasi, sabar, dan tulus menjadi kata kunci suksesnya implementasi Kurikulum 2013.
- Penyegaran pelatih sangat penting untuk dilakukan. Memang tidak banyak perubahan, perubahan yang paling signifikan yaitu bagaimana MENGINTEGRASIKAN KARAKTER DI SEMUA MATA PELAJARAN.
- Para guru harus merubah proses pembelajaran sesuai tuntutan Kurikulum 2013.
- Upaya penguatan huruf melalui full day school tidak perlu dipermasalahkan, semua sekolah berhak memilih sendiri apakah akan melaksanakan pembelajaran 5 atau 6 hari.
- Kedepan belum dewasa kita akan berat menghadapi ketidakpastian perubahan, itulah sebabnya mereka harus mempunyai karaker yang baik.
- Di Kurikulum 2013 guru harus menjadi mentor, fasilitator dan katalisator.
- Sekolah yang melaksanakan UNBK yaitu sekolah jaman now, melalui UNBK siswa menerima pelajaran huruf integritas dan kejujuran.
- Sedang dirumuskan peraturan gres yang mengatur beban mengajar guru yang akan lebih meringankan bagi guru.
Catatan perubahan penting
- Penyesuaian K 13 tahun 2018 menurut Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 wacana Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) menuntut guru untuk melaksanakan penguatan huruf siswa yang menginternalisasikan nilai-nilai utama PPK yaitu :
a. religius,
b. nasionalis,
c. mandiri,
d. gotong-royangdan
e. integritas
- Selain itu, untuk membangun generasi emas Indonesia, maka perlu dipersiapkan akseptor didik yang mempunyai keterampilan Abad 21 menyerupai khususnya keterampilan:
- berpikir kritis dan memecahkan dilema (Critical Thinking and Problem Solving Skills),
- keterampilan untuk bekerjasama (Collaboration),
- kemampuan untuk mencipta atau daya cipta (Creativity),
- kemampuan untuk berkomunikasi (Communication).
- Realisasi pembelajaran KD yang gemuk, kita ikuti suara KD
- Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan, pengetahuan FS, ST, UK Keterampilan 4 aspek (menangka makna)
- Penilaian formatif yaitu peilaian yg tidak formal, tekniknya bisa tanya ke semua untuk membantu siswa memahami materi. Sumatif evaluasi harian dan sdah masuk ke daftar nilai.
- Perumusan IPK, utk pengetahuan (FS, ST, UK), keterampilan (menangkap makna ekspresi dan tulis, menyusun teks tulis, menyusun teks lisan). Tapi di tujuan harus lebih rinci.
- IPK bukan berarti indikator soal tapi boleh.
- KD 471 menankap makna teks ekspresi dan tulis, menyusun teks ekspresi dan tulis
- Fokus PK di gabung antara KI 1 2 dan 5 nilai karakter
- Materi Remedial : prediksi materi yang akan sulit dihadapi siswa, remedial dibutuhkan tidak ada walaupun sudah dirancang
- Learner centered learning
- Metode tidak mempunyai syntax
- 5 M metode lmiah
- Metode ilmiah : 1. Menemukan dilema (sesuatu yang belum tahu pemecahannya) dengan cara mengamati dengan indra (reading/listening) baca atau dengan text berikut kemudian tuliskan apa yang kau tidak ketahui, 2. Menanya makna/ucapan kata, fungsi teks, FS, ST, UK. 3. Mengumpulkan informasi, coba-coba atau analisis.
- Observing and questioning bisa dijadikan satu tahap kegiatan,
- Literasi : mentransfer satu teks ke moda lain
REFLEKSI REVIU RPP
1. KI (Permen 24/2016)
2. Rumusan IPK
- Mengidentifikasi fungsi sosial bisa menyebutkan, menjelaskan,
- Mengidentifikasi struktur teks bisa menguraikan.
- Mengidentifikasi Unsur kebahasaan menggunakan, menerapkan
- Kosa kata : memaknai, mengucapkan kata yang dipakai dalam mendeskripsikan benda-benda
- KD 4, menyusun teks. Indikator seseorang bisa menyusun
3. Tujuan
- Ketika IPK sudah rinci, tujuan boleh sama, kalau belum rinci bisa diurai lebih banyak
- Degree boleh kata yang mengambarkan perilaku atau lainnya (karakter)
- Degree boleh digabung di tiap poin tujuan kalau secara alami sesuai
- Dibuat per pertemuan atau digabung
4. Literasi, HOTS, 4C kalau bisa boleh dimunculkan
5. Gabungan saintific dan GBA, kombinasinya syntax GBA aktifitasnya saintifik
6. GBA
- BKOF build cultur contex, share experience, discuss vocab, grammatical patterns
- MOT students listen statements of short functional text, discuss of purpose, function
- JCOT try to develop text with their peers and teacher help
- ICT (indipendent construction of text) expected to be able to speak spontaneously to carry our monologues that are aimed at giving directions
7. Penilaian
- Setiap pertemun ada evaluasi assessment for learning formative u mengecek pengetahuan anak
- Sumatifnya di pertemuan terakhir.
8. Literasi
- Ketika mengajar dengan baik, kita sudah integrasikan literasi
9. 4 C.
Communication ga masalah, Kolaborasi kalo pair atau group ga masalah, creativity membuat teks, critical thinking and problem solving == question beyond the text, atau “do you think that the writer ((hanya bisa dilakukan/dijawab kalau mereka kritis))
Communication ga masalah, Kolaborasi kalo pair atau group ga masalah, creativity membuat teks, critical thinking and problem solving == question beyond the text, atau “do you think that the writer ((hanya bisa dilakukan/dijawab kalau mereka kritis))
10. HOTS analyzing, evaluating, creating
Posting Komentar untuk "Penyegaran Pelatih Kurikulum 2013"