Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaya Gerak Listrik (Ggl) Induksi (Pengertian, Rumus, Tumpuan Soal)

Gaya Gerak Listrik (GGL) Induksi (Pengertian, Rumus, Contoh Soal) - Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan artikel perihal pengertian gaya gerak listrik (ggl) induksi, rumus gaya gerak listrik (ggl) induksi dan teladan soal gaya gerak listrik (ggl) induksi beserta jawaban/penyelesaiannya.

Michael Faraday, yakni seorang ilmuwan berasal dari Inggris, melaksanakan percobaan yang berhasil menawarkan bahwa gerakan magnet terhadap kumparan menyebabkan jarum galvanometer menyimpang. Alat-alat yang dipakai oleh Faraday dalam percobaan itu yakni galvanometer, magnet batang, kumparan, dan kabel penghantar.

Apabila kutub utara magnet digerakkan mendekati kumparan, jarum galvanometer menyimpang ke kanan. Dan sebaliknya, jikalau magnet membisu di dalam kumparan, jarum galvanometer tidak menyimpang. Peristiwa timbulnya arus listrik menyerupai itulah yang disebut induksi elektromagnetik. Adapun beda potensial yang timbul pada ujung-ujung kumparan disebut Gaya Gerak Listrik (GGL) Induksi.

GGL Induksi sanggup dijelaskan menyerupai berikut ini.

Jika kutub utara didekatkan ke kumparan, jumlah garis gaya yang masuk kumparan makin banyak. Perubahan jumlah garis gaya itulah yang menyebabkan terjadinya penyimpangan jarum galvanometer. 

Hal ini juga akan terjadi jikalau magnet digerakkan keluar dari kumparan, akan tetapi arah simpangan jarum galvanometer berlawanan dengan penyimpangan semula. Dengan demikian sanggup disimpulkan bahwa penyebab timbulnya GGL Induksi yakni perubahan garis gaya magnet yang dilingkupi oleh kumparan.

 Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan artikel perihal  Gaya Gerak Listrik (GGL) Induksi (Pengertian, Rumus, Contoh Soal)



Pengertian GGL Induksi


Gaya gerak listrik induksi yakni beda potensial yang timbul pada ujung-ujung kumparan alasannya yakni dampak induksi elektromagnetik.

Ada empat cara untuk membangkitkan GGL induksi. Adapun cara-cara tersebut yakni sebagai berikut.

a. Menggerak-gerakkan magnet keluar masuk kumparan
b. Memutar magnet di bersahabat kumparan
c. Memutar kumparan dalam medan magnet
d. Memutus-sambungkan arus listrik searah yang melalui kumparan untuk menginduksi kumparan yang ada di dekatnya.

Rumus GGL Induksi


Jika jumlah garis gaya magnet yang melingkupi kumparan bertambah, jarum galvanometer menyimpang ke kanan dan jikalau jumlah garis gaya magnet yang dilingkup berkurang, jarum galvanometer menyimpang ke kiri. Penyimpangan jarum galvanometer ke kanan dan ke kiri tersebut menunjukkkan bahwa GGL induksi yang dihasilkan kumparan berupa tegangan bolak-balik.

Oleh alasannya yakni itu, arus induksi yang dihasilkan juga berupa arus bolak-balik (AC). Jika GGL induksi lebih besar, besar lengan berkuasa arus induksi yang timbul juga lebih besar.

Menurut Michael Faraday, besar GGL induksi pada kedua ujung kumparan sebanding dengan laju perubahan fluks magnetik yang dilingkupi kumparan. Adapun yang dimaksud dengan fluks magnetik yakni banyaknya garis gaya magnet yang menembus suatu bidang.

Besarnya GGL induksi yang timbul pada ujung-ujung kumparan bergantung pada 3 faktor.

  1. Jumlah lilitan kumparan. Makin banyak lilitan kumparan, makin besar GGL induksi yang timbul.
  2. Kecepatan keluar-masuk magnet dari dan ke dalam kumparan. Makin cepat magnet dimasukkan dan dikeluarkan dari kumparan, makin besar GGL induksi yang timbul pada ujung-ujung kumparan.
  3. Kekuatan magnet batang yang digunakan. Makin besar lengan berkuasa magnet batang yang digunakan, makin besar GGL induksi yang timbul.


Jika antara bidang dan medan magnet saling tegak lurus, maka fluks magnetik sanggup dinyatakan dalam bentuk persamaan menyerupai berikut.

 Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan artikel perihal  Gaya Gerak Listrik (GGL) Induksi (Pengertian, Rumus, Contoh Soal)
Keterangan:
Φ = fluks magnetik dengan satuan Weber (Wb)
B = induksi atau besar lengan berkuasa medan magnet dengan satuan Tesla (T)
A = luas bidang dengan satuan m2 (m pangkat 2)

Makin cepat perubahan garis gaya magnet, makin besar fluks magnetiknya dan kekuatan magnetnya juga makin besar. Pernyataan Michael Faraday lebih dikenal dengan aturan Faraday, secara matematis sanggup dirumuskan sebagai berikut.

 Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan artikel perihal  Gaya Gerak Listrik (GGL) Induksi (Pengertian, Rumus, Contoh Soal)
Keterangan:
Ei  = GGL induksi dengan satuan volt (V)
N = banyak lilitan
ΔΦ = perubahan garis gaya magnet dengan satuan weber (Wb)
Δt = selang waktu dengan satuan sekon (s)

Tanda ( - ) menawarkan arah arus induksi berlawanan dengna arah penyebabnya.

Contoh Soal GGL Induksi


1.) Sebuah kumparan dengan 3.000 lilitan , terjadi perubahan fluks magnetik 1.500 wb selama selang waktu 2 sekon. Hitunglah besarnya ggl induksi!

Penyelesaian: 

Diketahui:
N = 3000
ΔΦ = 1.500 wb
Δt = 2 Sekon

Ditanya: Ei .....?

Jawab: 
Ei = - N . ΔΦ
                Δt

Ei = - 3.000 . 1.500
                           2
= -2,25 . 106

Makara di dalam kumparan tersebut timbul ggl induksi sebesar 2,25 × 106 volt (tanda – menawarkan arah ggl).


Demikianlah artikel kali ini perihal Gaya Gerak Listrik (GGL) Induksi (Pengertian, Rumus, Contoh Soal). Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Referensi: Lomba Kompetensi Siswa Ilmu Pengetahuan Alam IX
https://duniainformasisemasa326.blogspot.com//search?q=manfaat-tumbuhan-hewan-bagi-manusia

Posting Komentar untuk "Gaya Gerak Listrik (Ggl) Induksi (Pengertian, Rumus, Tumpuan Soal)"