Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Manajemen

 namun kebanyakan pula tidak mengetahui definisi dari administrasi Pengertian Manajemen
pengertian manajemen
Jejak Pendidikan- Banyak orang menyebut kata Manajemen, namun kebanyakan pula tidak mengetahui definisi dari manajemen. Maka berikut kami akan menjelaskan pengertian administrasi dari segi bahasan dan berdasarkan tokoh.  Manajemen berasal dari kata kerja “manage”. Kata ini berdasarkan kamus The Random House Dictionary of the English Language, College Edition, berasal dari bahasa Italia “manegg (iare)” yang bersumber pada perkataan Latin “manus” yang berarti “tangan”. Secara harfiah manegg (iare) berarti “menangani atau melatih kuda”, sementara secara maknawiah berarti “memimpin, membimbing atau mengatur”. Ada juga yang beropini bahwa administrasi berasal dari kata kerja bahasa Inggris “to manage” yang sinonim dengan to hand, to control, dan to guide (mengurus, memeriksa, dan memimpin).[1]

baca juga (tujuan dan fungsi manajemen)
Di bawah ini dijelaskan beberapa pendapat yang menjelaskan wacana pengertian administrasi sebagai berikut:

Drs. H. Malayu S. P. Hasibuan dengan singkat saja member citra Manajemen yakni ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya insan dan sumbersumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Andrew F. Sikula adalah salah satu dari penyumbang ilmu menurutnya Manajemen pada umumnya dikaitkan dengan aktivitas-aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, penempatan, pengarahan, pemotivasian, komunikasi, dan pengambil keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan aneka macam sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sehingga akan dihasilkan suatu produk atau jasa secara efisien.

G. R Terry sebagai hebat yang tidak abnormal lagi didunia pendidikan khususnya, Terry mendefinisikan Manajemen yakni suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk memilih serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya insan dan sumbersumber lainnya.

Harold Koontz dan Cyril O’Donnel mengemukakan pendapat mereka Manajemen yakni perjuangan mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah acara orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan, dan pengendalian.[2]

Dari pengertian di atas sanggup diartikan administrasi merupakan planning kerja, mengorganisasikan penyaluran dari aktivitas-aktivitas dan tugas-tugas orang lain, mengarahkan staf di bawahnya dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan orang lain.
manajemen ialah suatu proses dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan mengarahkan dan mengelola orang-orang aneka macam latar belakang berbeda-beda dengan tujuan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

bila diperhatikan maka bahu-membahu terdapat enam pertanyaan kunci untuk mengurai manajemen. Pertanyaan-pertanyaan dasar tersebut lazim disingkat dengan lima W dan satu H, yaitu:
  1.  what (apa) menanyakan wacana apa yang dikerjakan manajemen.
  2. why (mengapa) mengapa/alasan administrasi dibutuhkan
  3. when (kapan) kapan/pada waktu bagaimana administrasi dibutuhkan
  4. where (dimana) daerah administrasi ditemukan
  5. who (siapa) siapa anggota manajemen
  6. how (bagaimana) bagaimana mengerjakan manajemen. pertanyaan how ini meliputi sistem dan tata kerja praktik.




[1] Mulyono, Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2008), hlm. 16.
[2] Malayu S. P. Hasibuan, Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), hlm. 2-3.

Posting Komentar untuk "Pengertian Manajemen"