Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kreativitas

Jejak Pendidikan- Kreativitas didefinisikan secara berbeda-beda menurut sudut pandang masing-masing ahli. “Menurut Supriadi kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang gres baik berupa gagasan maupun karya nyata, yang relatif berbeda dengan yang telah ada sebelumnya” (Susanto, 2011:114). 

Jadi, ketika seseorang bisa menghasilkan gagasan maupun karya faktual yang unik dan berbeda dari biasanya maka kita sanggup menyampaikan bahwa orang tersebut kreatif. Sementara itu, “Angelou menjelaskan bahwa kreativitas ditandai dengan kemampuan seseorang untuk menciptakan, mengadakan, menemukan suatu bentuk gres dan atau menghasilkan sesuatu melalui keterampilan imajinatif” (Sujiono, 2010:38). 

Artinya bahwa, kreativitas merupakan kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang untuk membuat atau menghasilkan sesuatu yang gres melalui imajinasinya. Imajinasi yang dihasilkan oleh fatwa seseorang sanggup membuahkan kreativitas. Kreativitas pada setiap orang akan berkembang secara optimal jikalau di stimulasi dengan melaksanakan aneka macam acara atau kegiatan kreatif.

Dari beberapa pengertian di atas, sanggup disimpulkan bahwa kreativitas yaitu kemampuan seseorang dalam mengekspresikan ide-ide dan imajinasinya untuk membuat sesuatu baik berupa gagasan maupun suatu karya. Jika dikaitkan dengan anak usia dini, kreativitas merupakan kemampuan anak membuat suatu karya melalui imajinasinya dengan mengeksplorasi aneka macam media. 

Kreativitas anak usia dini sanggup dilihat pada ketika anak mengeksplorasi aneka macam media melalui acara atau kegiatan kreatif menyerupai menggambar, mewarnai, dan membentuk playdough. Melalui kegiatan menyerupai ini memperlihatkan wadah dan kesempatan pada anak untuk mewujudkan inspirasi dan imajinasi yang ada dipikirannya sehingga sanggup menghasilkan sebuah kreativitas.


Rujukan:


Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media 
Group, Jakarta.
Yuliani 
Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Indeks,
Jakarta.
Yuliani Sujiono
. 2007. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks,
Jakarta.

Posting Komentar untuk "Pengertian Kreativitas"