Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Prestasi Belajar

Jejak Pendidikan- Tujuan pendidikan yaitu pengoptimalan potensi yang ada dalam diri siswa, sehingga kesannya terjadi perubahan tingkah laris pada diri siswa menjadi yang lebih baik. Dalam proses pembelajaran menyangkut dua hal yakni proses mencar ilmu dan prestasi belajar. Menurut Hamalik (2004: 48) prestasi mencar ilmu yaitu perubahan tingkah laris yang diperlukan pada siswa sehabis dilakukan proses mengajar. 

Prestasi belajar merupakan puncak dari suatu proses pembelajaran. Kaprikornus sehabis siswa menjalani proses pembelajaran di dalam kelas, akan terlihat hasil dari proses pembelajaran tersebut, berupa prestasi yang baik atau prestasi yang kurang baik. Lazimnya prestasi belajar di sekolah berupa angka atau nilai sebagai bukti penguasaan terhadap suatu bidang ilmu maupun mata pelajaran tertentu. Seperti yang dijelaskan Djamarah (2002: 21) yang menyatakan bahwa prestasi mencar ilmu yaitu hasil Djamarah (2002: 21) yang menyatakan bahwa prestasi mencar ilmu yaitu hasil yang dicapai dan perwujudan prestasi sanggup dilihat dengan nilai yang diperoleh dari sehabis mengikuti tes. Lebih lanjut Tu’u (2004: 75) menyatakan bahwa:
Prestasi merupakan hasil yang dicapai seseorang dikala mengerjakan kiprah atau acara tertentu. Prestasi akademik merupakan hasil yang diperoleh dari acara pembelajaran di sekolah yang bersifat kognitif dan biasanya ditentukan melalui pengukuran dan penilaian. Prestasi mencar ilmu merupakan penguasaan terhadap mata pelajaran yang ditentukan lewat nilai atau angka yang diberikan guru.
Berdasarkan klarifikasi di atas, penulis menyimpulkan bahwa prestasi belajar adalah hasil dari sebuah proses belajar, yang diwujudkan dalam bentuk nilai sebagai bentuk penguasaan siswa terhadap mata pelajaran yang diperoleh sehabis melewati tahap evaluasi berupa tes atau ujian.

Posting Komentar untuk "Pengertian Prestasi Belajar"