Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Tipethink Pair Share (Tps)

Jejak Pendidikan- Arends (dalam Komalasari, 2011: 64) menyatakan bahwa Think Pair Share merupakan suatu cara yang efektif untuk menciptakan variasi suasana contoh diskusi kelas. Sejalan dengan itu, berdasarkan Trianto (2010: 81) mengemukakan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) atau berpikir-berpasangan-berbagi merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk menghipnotis contoh interaksi siswa. 

Dari pengertian tersebut sanggup dilihat bahwa dengan TPS siswa diberi kesempatan untuk berpikir sendiri terlebih dahulu lalu berdiskusi dengan temannya yang diperkuat lagi dengan teori dari Ibrahim (2011) yang mengemukakan bahwa model pembelajaran Think Pair Share merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif sederhana yang memberi kesempatan pada siswa untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain. Hartina, 2008 mengemukakan bahwaThink Pair Share (TPS) merupakan suatu model pembelajaran kooperatif sederhana yang mempunyai mekanisme secara eksplisit sehingga model pembelajaran TPS sanggup disosialisasikan dan dipakai sebagai alternatif dalam pembelajaran di sekolah.

Dengan demikian yang dimaksud dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPSadalah suatu model yang sanggup memberi siswa lebih banyak kesempatan untuk berpikir dan beropini secara individu untuk merespon pendapat yang lain lalu saling membantu dalam kelompoknya lalu membagi pengetahuan kepada siswa lain

Posting Komentar untuk "Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Tipethink Pair Share (Tps)"