Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal Dan Kunci Tanggapan Usbn Sejarah Peminatan Sma 2019

Hai sobat, kembali lagi dengan admin soalprediksi.com. Pada kesempatan kali ini admin akan mengatakan latihan soal USBN sejarah peminatan Sekolah Menengan Atas dan kunci jawaban terbaru 2019 yang sanggup sahabat pelajari atau pun di download secara gratis pada pemformatan dokumen PDF.

Mata pelajaran sejarah peminatan ditujukan khusus untuk sahabat yang berada di jurusan Sekolah Menengan Atas IPA saja. Kaprikornus untuk sahabat yang berada di jurusan lainnya sanggup pindah ke artikel admin ihwal USBN lainnya. Lengkap kok, semoga sih :D

Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Sejarah Peminatan Sekolah Menengan Atas 2019

 Pada kesempatan kali ini admin akan mengatakan  Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Sejarah Peminatan Sekolah Menengan Atas 2019

USBN Sekolah Menengan Atas di mapel sejarah memang terdiri dari 2 varian, yaitu sejarah indonesia dan sejarah peminatan. Lingkup materinya pun sangat berbeda, dan pada mata pelajaran sejarah peminatan IPS ini materi yang akan sahabat kerjakan terdiri dari :  
  1. Konsep dasar sejarah
  2. Peradaban awal Indonesia, Dunia, dan kerajaan bahari Hindu Budha dan Islam.
  3. Peristiwa penting dunia yang kuat terhadap Kehidupan Indonesia
  4. Pergerakan Nasional proklamasi terhadap Dunia Internasional
  5. Perkembangan mutakhir dunia
Ke-5 lingkup materi tersebut saya kutip dari kisi - kisi USBN Sejarah peminatan Sekolah Menengan Atas tahun pelajaran 2018/2019 pada kurikulum 2013 sebagai landasannya. Karena cuma di kurikulum tersebut mapel ini dipelajari.

Seperti halnya artikel - artikel admin lainnya, pada pola soal prediksi USBN sejarah peminatan ini juga sudah tersedia kunci tanggapan per soalnya. Akan tetapi, kalau ada yang salah mohon dikoreksi.

Untung - untung kalau naskah soal yang dibagikan ini dijadikan naskah orisinil tahun 2019 mendatang, kan lumayan. Dan satu hal lagi, artikel ini dihentikan di copy paste untuk kepentingan di postingan ulang di blog/website. Terima kasih..

Baiklah, berikut ini adalah Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Sejarah Peminatan Sekolah Menengan Atas 2019. Selamat mengerjakann..

DOWNLOAD dalam bentuk PDF biar menghasilkan tampilan yang lebih baik

Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Sejarah Peminatan Sekolah Menengan Atas 2019 PDF, DOWNLOAD

SOAL PILIHAN GANDA

1.Perbedaan pengertian diakronik dan sinkronik dalam sejarah yaitu . ... 

A. Diakronik lebih mementingkan waktu daripada ruang
B. Sinkronik lebih mementingkan waktu daripada ruang
C. Diakronik dan sinkronik berbeda kajiannya
D. Keduanya lebih mementingkan ruang dan waktu
E. Sejarah memerlukan keduanya dalam praktiknya 

Jawaban : A

2.Ciri-ciri kehidupan masyarakat zaman Purba yaitu :
1. Hidup Nomaden
2. Berburu dan mengumpulkan masakan
3. Perkakasnya sudah halus
4. Perkakasnya masih bergairah
5. Sudah mengenal goresan pena
Yang termasuk ciri-ciri kehidupan zaman Paleolithikum yaitu . ... 

A. 1,2 dan 3
B. 1,3 dan 5
C. 1,2 dan 4
D. 2,3 dan 5
E. 3,4 dan 5 

Jawaban : C

3.Manusia Kera yag berjalan tegak dan masih mempunyai volume otak dibawah standar otak insan modern yaitu . ...
A. Homo Soloensis
B. Homo Wajakensis
C. Pithecantropus Erectus
D. Megatropus Paleo Javanicus
E. Pithecantropus Robustus 

Jawaban : C

4.Bangsa Melayu Muda atau Deutero Melayu pada kurun waktu tahun 400 – 300 SM tiba ke wilayah kepulauan Nusantara dari Yunan. Jalur yang ditempuh oleh mereka yaitu . ...
A. Yunan - semenanjung malaya- sumatra dan kalimantan
B. Yunan – Piliphina – kalimantan – Papua
C. Yunan – Sumatra – Jawa – Sulawesi – Papua
D. Semenanjung Malaya – Sumatra – Jawa – Kalimantan
E. Semenanjung Malaya – Kalimantan – Sulawesi - Jawa 

Jawaban : D

5.Benda-benda peninggalan masyarakat zaman Megalithikum yaitu . ...
1. Menhir
2. Kapak genggam
3. Dolmen
4. Flakes
5. Sarkofagus
6. Kapak corong
Yang termasuk benda – benda jaman megalithikum adalah……..
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 4 dan 6
D. 3, 5 dan 6
E. 4,5 dan 6 

Jawaban : B

6. Masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Budha ke Indonesia dibawa oleh para pedagang India yang berlayar ke pulauan Indonesia. Proses tersebut dinamakan teori . ... A. Brahmana
B. Ksatria 

C. Waisya 
D. Sudra 
E. Paria 
Jawaban : C

7. Perhatikan data
1. Terletak di tepi sungai Musi
2. Lemahnya kekuasaan Majapahit
3. Runtuhnya kerajaan Funan di Vietnam
4. Kekosongan kekuasaan di sekitar Malaka
Faktor-faktor yang mendukung kejayaan kerajaan Sriwijaya yaitu . 

A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 3
E. 2 dan 4 

Jawaban : B

8. Para Pedagang Islam dari Arab maupun Gujarat biasanya berdiam diri dahulu di nusantara sambil menunggu perubahan arah angin sehingga mereka sanggup melanjutkan perjalanan ke Cina. Pada ketika mereka bermukim inilah terjadi penyebaran agama dan kebudayaan Islam. Jalur tercepat penyebaran agama dan kebudayaan Islam itu melalui . ... A. Pengajian Alqur’an
B. Pengumandangan bunyi Azan
C. Permainan musik Islam
D. Tablig Akbar
E. Perkawinan 

Jawaban : E

9.Proses perkembangan agama Islam begitu cepat diterima oleh masyarakat Indonesia disebabkan oleh....
A. Islam disebarkan dengan memakai pedang
B. Agama Islam tidak mengenal kelas dalam masyarakat
C. Tutur kata yang nrimo dan mengemongi rakyat
D. Pembacaan sholawat yg selalu dikumandangkan
E. Masyarakat Indonesianya masih bodoh-bodoh 

Jawaban : B

10.Sebuah kerajaan Islam di nusantara selalu diperintah oleh pria yang dipanggil Sultan dan tidak mau diperintah oleh perempuan. Hal ini terjadi di kerajaan Islam ....
A. Demak 

B. Maluku 
C. Aceh
D. Minangkabau
E. Kutai Kartanegara 

Jawaban : A

11.Tujuan utama kedatangan bangsa Eropa ke Nusantara yaitu . ... 

A. Menjajah wilayah nusantara
B. Menyebarkan agama dan kebudayaan
C. Menjual hasil produksi eropa
D. Mencari dan menguasai rempah-rempah
E. Mencari dan mengeksploitasi emas 

Jawaban : D

12.Dampak positif penerapan sistim tanam paksa oleh pemerintah kolonial Belanda di Indonesia yaitu . ...
A. Orang-orang Indonesia mengenal aneka macam jenis tumbuhan gres
B. Gaya hidup menjadi glamor ibarat gaya hidup orang Eropa
C. Banyaknya tenaga bergairah yang didatangkan dari afrika
D. Orang Idonesia mengenal teknologi perkapalan dari Eropa
E. Masuknya barang- barang dariEropa 

Jawaban : A

13.Salah satu faktor yang mendorong timbulnya pergerakan Nasional Indonesia yaitu . ... A. Lahirnya kesadaran ihwal pentingnya rasa kebangsaan.
B. Semangat mempersatukan bangsa yang terdapat di diri para pemuda. 

C. Lahirnya kesadaran nasional di negara- negara asia.
D. Banyaknya kaum terpelajar yang ingin mengabdikan dirinya kepada bangsa. 

E. Perasaan senasib dan seperjuangan dalam menghadapi penjajahan. 
Jawaban : A

14.Salah satu tujuan organisasi pergerakan Nasional Indonesia yaitu . ...
A. Meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia dari kemiskinan dan kesengsaraan
B. Memperjuangkan kehidupan bangsa Indonesia yang bebas dari penjajahan. 

C. Memecahkan dilema kemiskinan dan kemelaratan yang diderita rakyat.
D. Memprovokasi rakyat untuk melawan penjajahan Belanda.
E. Menyadarkan rakyat untuk bebas dari kemiskinan dan penjajahan 

Jawaban : A

15.Perhatikan data-data
1. Budi utomo
2. Partai Nasional Indonesia
3. Muhammadiyah
4. Indishe Partij
5. Jong Sumatranen Bond
6. Perhimpunan Indonesia
Dari data-data di atas, Organisasi Pergerakan Nasional yang berhaluan politik yaitu . ... 

A. 1, 2 dan 3
B. 4, 5 dan 6
C. 2, 4 dan 6
D. 1, 3 dan 5
E. 1, 4 dan 6 

Jawaban : E

16.Sumpah Pemuda yang dilaksanakan pada tanggal 28 oktober 1928 di jakarta mempunyai arti penting bagi usaha bangsa Indonesia, yaitu . ...
A. Kemerdekaan yang dibutuhkan sudah mendekati kenyataan
B. Negara Indonesia yang dibutuhkan akan terwujud dengan cepat. 

C. Perjuangan para cowok sudah tidak bersifat kedaerahan lagi.
D. Perasaan anti penjajahan makin membara di dada anak muda
E. Kegiatan itu menciptakan shock para petinggi belanda di Batavia. 

Jawaban : C

17. 


Dari ganbar tokoh-tokoh pergerakan nasional perempuan di atas, yang bergerak dalam bidang pendidikan yaitu nomor . ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5 

Jawaban : D

18.Dampak negatif penjajahan bangsa barat di Indonesia yaitu . ...

A. Lahirnya golongan terpelajar dari hasil politik Etis
B. Mengenal jenis-jenis flora gres yang ada di dunia
C. Memahami abjad latin yang berkembang di eropa 

D. Mengenal cara hidup berdemokrasi ibarat di barat 
E. Kemiskinan dan kemelaratan akhir penjajahan 
Jawaban : E

19.PM kuniaki Koiso pada bulan Juli 1944 berjanji akan memerdekan Hindia Timur (Indonesia) dikarenakan ....
A. Seluruh pertahanan pasukan Jepang di pasifik dapa dikalahkan oleh Sekutu. 

B. Tuntutan dari rakyat Indonesia yag diwakilkan oleh Soekarno
C. Upaya pemberian kemerdekaan kepada Indonesia yang telah membantu mengahadapi sekutu.
D. Sesuai dengan perjanjian militer Jepang dan militer sekutu
E. Hindia Timur dianggap saudara muda dari Jepang 

Jawaban : C

20.Para Pemuda telah mendengar kekalahan Jepang dari sekutu melalui radio kemudian mereka memaksa Soekarno-Hatta untuk memerdekan Indonesia. Jalan yang dilakukan para cowok itu dengan cara menculik keduanya ke tempat . ...
A. Kerawang
B. Rengasdengklok
C. Bogor
D. Subang
E. Tanggerang 

Jawaban : B

21.Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 mengatakan makna penting bagi bangsa Indonesia, yaitu . ...
A. Soekarno-Hatta menjadi populer sebagai Dwi Tunggal Indonesia
B. Proklamasi Indonesia merupakan pemberian dari pemerintah Jepang
C. Bangsa Indonesia bebas dari penjajahan bangsa lain yang tidak sesuai dengan prikemanusiaan
D. Bangsa Belanda mempunyai hak untuk menjajah kembali Indonesia
E. Menegakkan Pancasila sebagai satu-satunya azas kemerdekaan Indonesia 

Jawaban : C

22.Perhatikan data
1. Mengankat Presiden dan wakil Presiden
2. Menunjuk para mentri kabinet
3. Mensahkan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara
4. Menunjuk syahril sebagai Perdana Mentri
5. Merubah demokrasi Indonesia menjadi Liberal
Dari data di atas, yang merupakan hasil keputusan PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 yaitu . ...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
E. 1 dan 3 

Jawaban : A

23.Perhatikan tokoh – tokoh ini
1. soekarno
2. Moh. Hatta
3. Syahril
4. Ahmad Soebardjo
5. Sukarni
Tokoh-tokoh yang berperanan penting dalam proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 yaitu . ... 

A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 3 dan 5
D. 1 dan 2
E. 4 dan 5 

Jawaban : D

24. Perhatikan data-data ini
1. Beredarnya mata uang jepang yang jumlahnya tidak terkendali
2. Beredarnya mata uang Belanda di daerah-daerah yang mereka duduki
3. Beredarnya mata uang de Javasche Bank
4. Banyaknya hasil pertanian yang tidak sanggup dijual
5. Para pedagang sulit memperlihatkan barang dagangannya
Faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya kekacauan ekonomi Indonesia pada awal- awal kemerdekaan yaitu . ...
A. 1, 2 dan 3
B. 3, 4 dan 5
C. 1, 3 dan 5
D. 2, 4 dan 5
E. 2, 3 dan 4 

Jawaban : A

25.Latar belakang timbulnya perlawanan bangsa Indonesia terhadap sekutu yaitu . ... 

A. Keinginan belanda untuk menjajah kembali Indonesia
B. Rakyat sudah muak dengan perilaku besar kepala Belanda
C. Sekutu diboncengi Belanda dan antek-anteknya
D. Tujuan sekutu hanyalah mengambil alih kekuasaan dari Jepang
E. Jepang tidak rela dengan kemerdekaan Indonesia 

Jawaban : D

26.Perhatikan data ini.
1. Belanda mengakui secara de facto RI
Dengan wilayah kekuasaan hanya sumatra,jawa dan madura
2. RI dan Belanda akan membentuk negara RIS
3. RIS dan Belanda akan membentuk Uni Indonesia Belanda.
4. Presiden Indonesia di bawah kekuasaan Ratu Belanda
5. Indonesia menjadi negara Persemakmuran Belanda.
Dari data di atas, hasil perjanjian Linggarjati pada tanggal 10 November 1946 antara RI dengan Belanda yaitu . ... 

A. 1, 2 dan 3
B. 2, 4 dan 5
C. 1, 3 dan 5
D. 1, 3 dan 4
E. 3,4 dan 5 

Jawaban : A

27.Perhatikan data-data
1. Agresi militer Belanda I
2. Pemberontakan DI/TII di Jawa Barat
3. Agresi militer Belanda II
4. Pemberotakan PKI di Madiun
5. Pemberontakan APRA di Ujung Pandang
6. PRRI/Permesta
Dari data diatas, pemberontakan dan pergolakan yang dilatar belakangi oleh faktor ideologi yaitu . ...
A. 1, 2 dan 3
B. 4, 5 dan 6
C. 1, 3 dan 5
D. 2, 4 dan 6
E. 2, 3 dan 4 

Jawaban : D

28.Pemberontakan PKI Madiun pada tahun 1948 bertujuan . ...
A. Menurunkan kepemimpinan Soekarno-Hatta dari pemerintah RI 

B. Melakukan perlawanan terhadap pemerintah Hindia Belanda
C. Membuat pemerintehan sendiri yang terpisah dari RI
D. Mengganti Ideologi Pancasila dengan Ideologi Komunis di Indonesia.
E. Menuntut jabatan Perdana Mentri untuk kepetingan orang-orang komunis 

Jawaban : D

29.Pemberontakan dan pergolakan yang terjadi tahun 1948-1965 memberi imbas pembelajaran bagi bangsa indonesia, bahwa . ...
A. Persatuan lebih penting daripada pembangunan bangsa.
B. Bangsa Belanda selalu ingin menjajah kembali Indonesia.
C. Perlawanan pemerintah terhadap penjajah dan pemberontakan sangat serius. 

D. Pergolakan tempat memang bertujuan untuk kepentingan sendiri.
E. Persatuan dan kesatuan memang bertujuan untuk kepentingan sendiri 

Jawaban : A

30.Perhatikan tokoh-tokoh ini
1. soekarno
2. Moh. Hatta
3. Syahril
4. Ciptomangun kusumo
5. Wahidin sudirohusodo
6. Sutomo
Dari data tokoh-tokoh nasional di atas, tokoh-tokoh yang berperanan penting di dalam berjuang mempertahankan NKRI 1948-1965 yaitu . ...
A. 1, 3 dan 5
B. 2, 4 dan 6
C. 1, 2 dan 3
D. 4, 5 dan 6
E. 3, 4 dan 5 

Jawaban : C

31.Soemitro mengajukan gagasan pada kabinet Syahril biar para pengusaha pribumi mendapat sumbangan kredit biar mereka sanggup bersaing dengan pengusaha cina. Dalam kenyataannya para pengusaha pribumi malah menjual lisensi kreditnya kepada pengusaha Cina. Maka karenanya berdirilah usaha bersama pribumi dan cina yang disebut .....
A. Perusahaan Ali Baba
B. Perusahaan Hitam putih
C. Industri Melayu Cina
D. Kerjasama Kulit kuning dan coklat
E. Toko Hitam Putih 

Jawaban : C

32.Untuk menanggulangi kondisi keuangan yang terjadi di masyarakat pada masa kabinet Hatta II tahun 1950, maka pemerintah mengeluarkan kebijakan pemotongan mata uang Belanda yang disebut . ...
A. Sanering
B. Gunting Syafrudin
C. Pemotongan mata uang
D. Penurunan harga BBM
E. Bantuan Tunai ke Rakyat 

Jawaban : A

33. Perhatikan data ini
1. Membubarkan tubuh konstituante
2. Kembali lagi ke Undang-Undang Dasar 1945
3. Dibentuknya MPRS dan DPAS
4. Dilantiknya kabinet 100 Mentri
5. Dibubarkannya DPRS
6. Dibatalkannya RAPBN 1960
Dari data di atas, isi dekrit presiden 5 Juli 1959 yaitu . ... 

A. 1, 2 dan 3
B. 4, 5 dan 6
C. 1, 3 dan 5
D. 2, 4 dan 6
E. 2, 5 dan 6 

Jawaban : A

34.Demokrasi terpimpin yang menggantikan Demokrasi Liberal pada tahun 1959 karenanya hanya menyerahkan kekuasaan kepada . ...
A. Soekarno sebagai pemimpin tertinggi yang bertindak sesuai keinginannya. 

B. Partai Komunis Indonesia yang telah menguasai aspek-aspek pemerintahan. 
C. Partai Nasional Indonesia sebagai pemenang dalam Pemilu tahun 1955.
D. Orang-orang Islam yang lebih banyak didominasi di dalam Parlemen Indonesia.
E. Kekuatan Blok Timur yang memang sama cara berdemokrasi dengan Indonesia 

Jawaban : A

35.Ciri- ciri akan diberlakukannya Demokrasi Terpimpin oleh Presiden Soekarno terlihat ketika pada tanggal 6 Mei 1957, Beliau membentuk . . . .
A. Dewan Banteng
B. Dewan Nasional
C. Badan Komunikasi Rakyat
D. Lembaga anti Korupsi
E. Komando Trikora 

Jawaban : B

36.Salah satu penyimpangan politik luar negeri yang Bebas Aktif pada masa Demokrasi Terpimpin yaitu . ...
A. Permintaan presiden Soekarno kepada Rusia untuk menemukan makan Imam Buchori. B. Dibubarkannya partai-partai politik yang tidak sejalan dengan inspirasi Soekarno
C. Dibentuknya poros politik Jakarta-Hanoi-phenompen- Peking. 

D. Diambilnya putri Jepang menjadi istri presiden Soekarno.
E. Diadakannya Konferensi Asia Afrika di Bandung 

Jawaban : C

37.Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah RI dalam rangka berjuang mengembalikan Irian Barat ke pangkuan NKRI yaitu . ...
A. Meminta pertolongan Amerika sebagai negara adi daya. 

B. Melakukan kerjasama antara Indonesia dan Belanda
C. Memohon PBB untuk menyatakan Belanda bersalah
D. Menasioalisasi semua perusahaan-perusahaan Belanda
E. Mengangkat mayjen Soeharto untuk memimpin perebutan Irian Barat 

Jawaban : B

38.Berdirinya pemerintahan Orde Baru lantaran pemerintah Orde Lama di bawah presiden Soekarno diguncang oleh pemberontakan yang dilakukan oleh . ... 

A. Masyumi
B. PNI
C. Tentara
D. Rakyat Kecil
E. P K I 

Jawaban : E

39.Demonstrasi mahasiswa yang mengajukan Tritura sehabis insiden G30S/PKI semakin memperparah situasi politik dan ekonomi Indonesia. Melihat situasi ibarat itu Letjen Soeharto mengutus tiga orang tentara untuk menemui presiden Soekarno dan meminta Supersemar. Hal ini merupakan .... pemerintah Orde Lama kepada pemerintah Orde Baru.
A. Proses pergantian
B. Perebutan kekuasaan 

C. Revolusi Indonesia 
D. Reformasi Indonesia 
E. Pergantian Paksa 
Jawaban : A

40.Perhatikan data-data
1. Repelita
2. Beasiswa pendidikan Supersemar
3. Penangkapan tokoh politik yang berbeda pendapat
4. Penculikan aktifis pro demokrasi
5. Penataran P4
6. Maraknya KKN
Dari data-data di atas, kebijakan pemerintah Orde Baru yang sangat menguntungkan rakyat yaitu . ...
A. 1, 2 dan 3
B. 4, 5 dan 6
C. 1, 3 dan 5
D. 2, 4 dan 6
E. 1, 2 dan 5 

Jawaban : E

SOAL-URAIAN

1. Sebutkan Isi TRITURA !
2. Apakah yang dimaksud dengan Revolusi Hijau ?
3. Jelaskan mengapa Industri kecil memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi nasional ?
4. Jelaskan latar belakang Reformasi !
5. Sebutkan 3 tuntutan mahasiswa yang menuntut diadakannya Refomasi !


Demikian artikel tentang Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Sejarah Peminatan Sekolah Menengan Atas 2019. Semoga bermanfaat, dan sahabat sanggup mengerjakan soal - soal USBN jurusan IPS lainnya dengan baik juga.

Posting Komentar untuk "Latihan Soal Dan Kunci Tanggapan Usbn Sejarah Peminatan Sma 2019"