Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Pencapaian Kompetensi Kepribadian Guru

Jejak PendidikanAda lima indikator yang membuktikan keberhasilan guru dalam bidang kompetensi kepribadian sebagai berikut:
  1. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia.
  2. Menampilkan diri sebagai langsung yang jujur, berakhlak mulia, dan pola bagi akseptor didik dan masyarakat.
  3. Menampilkan diri sebagai langsung yang mantab, stabil, dewasa, cerdik dan berwibawa.
  4. Menunjukan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa besar hati menjadi guru dan rasa percaya diri.
  5. Menjunjung tinggi isyarat etik profesi guru.


Ada lima indikator yang membuktikan keberhasilan  Strategi Pencapaian Kompetensi Kepribadian Guru

Indikator yang membuktikan keberhasilan guru dalam bidang kompetensi kepribadian harus ditempuh dengan aneka macam cara. Strategi pencapaian guru biar sanggup mempunyai kompetensi kepribadian guru, maka seorang guru harus memenuhi kelima indikator tersebut.


Guru sebagai tenaga pendidik yang kiprah utamanya mengajar, mempunyai karakteristik kepribadian yang sangat besar lengan berkuasa terhadap keberhasilan pengembangan sumber daya manusia. Kepribadianguru merupakan faktor terpenting bagi keberhasilan mencar ilmu anak didik. Dalam kaitan ini, Zakiah Darajat menegaskan bahwa kepribadian itulah yang akan memilih apakah ia menjadi pendidik dan pembina yang baik bagi anak didiknya, ataukah akan menjadi perusak ataupenghancur bagi masa depan anak didiknya terutama bagi anak didik yang masih kecil (tingkat dasar) dan mereka yang sedang mengalami kegoncangan jiwa (tingkat menengah).

Arikunto mengemukakan kompetensi personal mengharuskan guru mempunyai kepribadian yang mantap sehingga menjadi sumber wangsit bagi subyek didik, dan patut diteladani oleh siswa. Berdasarkan uraian di atas, kompetensi kepribadian guru tercermin dari indikator sikap, dan keteladanan.

Mengacu kepada standar nasional pendidikan, kompetensi kepribadian guru meliputi, Memiliki kepribadian yang mantap dan stabil, yang indikatornya bertindak sesuai dengan norma hukum, norma sosial. Bangga sebagai pendidik, dan mempunyai konsistensi dalam bertindak sesuai dengan norma.

Upaya peningkatan Kompetensi Kepribadian dalam hal pengembangan kompentensi langsung guru harus memiliki:
  1. Pengetahuan perihal tata krama sosial dan agamawi.
  2. Pengetahuan perihal kebudayaan dan tradisi.
  3. Hakikat demokrasi dan makna demokrasi pancasila.
  4. Apresiasi dan mulut estetika.
  5. Kesadaran kewarganegaraan dan kesadaran sosial yang dalam.
  6. Sikap yang sempurna perihal ilmu pengetahuan kinerja.
  7. Menjunjung tinggi martabat manusia.


Karakteristik kepribadian yang berkaitan dengan keberhasilan guru dalam menggeluti profesinya yaitu mencakup fleksibilitas kognitif dan keterbukaan psikologis. Fleksibilitas kognitif atau keluwesan ranah cipta yang merupakan kemampuan berpikir yang diikuti dengan tindakan secara simultan dan memadai dalam situasi tertentu. Guru yang fleksibel pada umumnya ditandai dengan adanya keterbukaan berpikir dan beradaptasi. Selain itu, ia mempunyai resistensi atau daya tahan terhadap ketertutupan ranah cipta yang prematur dalam pengamatan dan pengenalan.

Adapun kemampuan yang harus dimiliki guru dalam proses mencar ilmu mengajar yaitu :
  1. Kemantapan integritas pribadi,
  2. Peka terhadap perubahan dan pembaharuan,
  3. Berpikir alternatif,
  4. Adil, jujur dan objektif,
  5. Berdisipilin dalam melakukan tugas,
  6. Ulet, tekun bekerja,serta menjadi pola baik bagi akseptor didik dan masyarakat.


Setelah paparan diatas mengenai indikator maupun upaya meningkatkan kompetensi kepribadian. Semua yang telah dipaparkan merupakan bentuk taktik dalam pencapaian kompetensi kepribadian guru. Jika seorang guru ingin menguasai kompetensi kepribadian sesuai dengan standar nasional, maka guru harus mempunyai upaya untuk membuatkan kepribadian diri.


 Rujukan: 
  1. Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek,( Jakarta: Rineka Cipta, 1993).
  2. Madyawanti, Kompetensi Profesional dan Kompetensi Kepribadian, https://blogmadyawanti.wordpress.com.

Posting Komentar untuk "Strategi Pencapaian Kompetensi Kepribadian Guru"